Bidang Mutasi

Bidang Mutasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan melalui Sekretaris, mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan administrasi kepangkatan, penggajian, promosi, dan penempatan.

  • Fungsi ;
  1. Penyusunan standar kompetensi jabatan;
  2. Pelaksanaan proses usulan dan penetapan kenaikan pangkat pegawai;
  3. Pelaksanaan proses usulan dan penetapan peninjauan masa kerja;
  4. Pelaksanaan proses pemberitahuan kenaikkan gaji berkala;
  5. Penyusunan dokumen dan penetapan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian dalam jabatan serta antar instansi dan wilayah kerja;
  6. Pelaksanaan proses usul penetapan, pengangkatan, kenaikkan dan pemberhentian dalam jabatan fungsional tertentu;
  7. Penyusunan dan pengelolaan dokumen indentitas pegawai;
  8. Pelaksanaan ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah pegawai;
  9. Pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  10. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  11. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Mutasi Membawahi :

  1. Sub Bidang Promosi dan Penempatan;
  2. Sub Bidang Penggajian dan Identitas Pegawai; dan
  3. Sub Bidang Kepangkatan.

a. Sub Bidang Promosi dan Penempatan

Sub Bidang Promosi dan Penempatan mempunyai tugas pokok melaksanakan administrasi pengusulan kenaikkan kepangkatan dan penggajian serta peninjauan masa kerja.

  • Fungsi :
  1. Penyusunan standar kompetensi jabatan;
  2. Pelaksanaan pengelolaan administrasi penempatan, pengangkatan, perpindahan dan atau pemberhentian jabatan secara horizontal, vertikal dan diagonal;
  3. Pengelolaan administrasi perpindahan tugas dan wilayah kerja bagi aparatur sipil negara;
  4. Pengelolaan usulan pengangkatan, kenaikkan dan pemberhentian dalam jabatan fungsional tertentu;
  5. Penginventarisasian permasalahan yang berhubungan dengan promosi dan penempatan aparatur sipil negara serta pemecahan masalah;
  6. Pengumpulan dan pengelolaan dokumen usulan kenaikan gaji/impassing serta peninjauan masa kerja;
  7. Pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  8. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  9. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

b. Sub Bidang Penggajian dan Identitas Pegawai

Sub Bidang Penggajian dan Identitas mempunyai tugas pokok melakukan urusan ketatausahaan pegawai.

  • Fungsi :
  1. Pengelolaan administrasi/dokumen kenaikkan gaji inpassing;
  2. Penyiapan dokumen usulan Penetapan Konversi NIP;
  3. Penyiapan dokumen usulan Penetapan Kartu Suami/Istri (Karis/Karsu);
  4. Penyiapan dokumen usulan Penetapan Kartu Pegawai (Karpeg);
  5. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

c. Sub Bidang kepangkatan

Sub Bidang Kepangkatan mempunyai tugas pokok melaksanakan kepangkatan, pengurusan administrasi kenaikkan pangkat dan peninjauan masa kerja.

  • Fungsi :
  1. Pelaksanaan usulan dan penetapan serta proses kenaikkan pangkat aparatur sipil negara;
  2. Pengumpulan dan pengelolaan dokumen usulan peninjauan masa kerja;
  3. Pengelolaan dokumen pelaksanaan ujian dinas tingkat I, tingkat II serta pelaksanaan ujian penyesuaian ijazah bagi aparatur sipil negara;
  4. Pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  5. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.