Bidang Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai

Bidang Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan melalui Sekretaris, mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan kebutuhan pegawai dan menyelenggarakan sistem informasi kepegawaian.

  • Fungsi :
  1. Pelaksanaan penyusunan informasi dan pengadaan pegawai pengelolaan data dan dokumen kepegawaian;
  2. Pelaksanaan proses pemberhentian dan pemberian pensiun yang mencapai batas usia pensiun dan pensiun janda/duda;
  3. Pelaksanaan pemberian pertimbangan masalah kesejahteraan dan pensiun pegawai;
  4. Pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  5. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai dengan bidang dan fungsinya; dan
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai, membawahi :

  1. Sub Bidang Formasi dan Pengadaan Pegawai;
  2. Sub Bidang Informasi dan Kesejahteraan Pegawai; dan
  3. Sub Bidang Pembinaan Pegawai dan Pensiun.

a. Sub Bidang Formasi dan Pengadaan Pegawai

Sub Bidang Formasi dan Pengadaan pegawai mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan kebutuhan pegawai dan analisis beban kerja.

  • Fungsi :
  1. Pelaksanaan penyusunan formasi aparatur sipil negara;
  2. Pelaksanaan pengukuran standar kompetensi jabatan;
  3. Pelaksanaan pengukuran analisis beban kerja aparatur sipil negara;
  4. Pelaksanaan pengadaan calon aparatur sipil negara;
  5. Pengelolaan administrasi pengangkatan calon aparatur sipil negara menjadi aparatur sipil Negara;
  6. Penyiapan dokumen usulan penetapan nomor identitas pegawai bagi calon aparatur sipil negara;
  7. Penyiapan dokumen usulan pertimbangan teknis pengangkatan calon aparatur sipil negara menjadi aparatur sipil negara yang menjalani masa percobaan lebih dari 2 (dua) tahun;
  8. Pelaksanaan penyusunan rencana operasional tahunan perencanaan aparatur sipil negara;
  9. Pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  10. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  11. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

b. Sub Bidang Informasi dan Kesejahteraan Pegawai

Sub Bidang Informasi dan Kesejahteraan Pegawai mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengelolaan jaringan komunikasi data, rekonsilidasi dan sistem informasi pegawai serta penyajian dan pertukaran informasi pegawai.

  • Fungsi :
  1. Penyelenggaraan sistem informasi pegawai dan pertukaran informasi;
  2. Pelaksanaan pengelompokan, penyimpanan dan pemeliharaan dokumen/arsip kepegawaian;
  3. Pelaksanaan pemeliharaan database dan penyimpanan data pegawai;
  4. Pelaksanaan penyusunan daftar informasi pegawai secara periodik;
  5. Penyiapan dokumen usulan pemberian tanda jasa/setya lencana;
  6. Penyiapan/penyampaian usulan persetujuan cuti;
  7. Penyiapan dokumen usulan penetapan kartu TASPEN dan dokumentasi BAPETARUM;
  8. Penyampaian laporan pajak-pajak pribadi aparatur sipil negara;
  9. Pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  10. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  11. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya;

c. Sub Bidang Pembinaan Pegawai dan Pensiun

Sub Bidang Pembinaan Pegawai dan Pensiun mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengelolaan jaringaan komunikasi data,rekonsilidasi dan sistem informasi pegawai serta penyajian dan pertukaran informasi pegawai.

Fungsi :

  1. Penyiapan rencana penetapan penjatuhan hukuman disiplin aparatur sipil negara;
  2. Penyusunan standar penilaian prestasi/kinerja aparatur sipil negara;
  3. Penyelenggaraan evaluasi pelaksanaan kode etik aparatur sipil negara;
  4. Penyiapan dokumen usulan pertimbangan teknis bagi aparatur sipil negara yang tewas atau cacat karena dinas dan penetapan pensiun;
  5. Pelaksanaan penelitian dan penyiapan dokumen penetapan pemberhentian dan pemberian pensiun kepada aparatur sipil negara;
  6. Pengelolaan administrasi perpanjangan batas usia pensiun;
  7. Pengelolaan administrasi pertimbangan-pertimbangan teknis kenaikan pangkat pengabdian;
  8. Pengelolaan administrasi masa persiapan pensiun (MPP);
  9. Pelaksanaan pengelompokan, penyimpanan dan pemeliharaan dokumen/arsip kepegawaian;
  10. Pelaksanaan penyusunan daftar informasi pegawai secara periodik;
  11. Pembinaan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan;
  12. Pemberian saran dan pertimbangan serta penyampaian laporan, hasil telaahan dan analisa kepada atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  13. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya;