Syarat Mutlak Jadi PNS, Wabup Apri Minta CPNS Serius Ikuti Latsar

Makalamnews.com, Bungo– Pemerintah Daerah melalui Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD) Kabupaten Bungo kembali menggelar pelatihan dasar ( Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) Golongan ke III angkatan ke IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo tahun anggaran 2019.

Kegiatan di buka oleh Wakil Bupati Bungo Syafrudin Dwi Aprianto, yang berlangsung lancar di aula BLK SKB, Kelurahan Manggis Kecamatan Bhatin III, Senin (28/10).

Sekretaris BKPSDM Kabupaten Bungo Drs.H.Sofyan dalam laporannya menyampaikan bahwa Latsar Gol III angkatan ke IV ini dilaksanakan berdasar Undang-Undang dan aturan Pemerintah terkait dengan Latihan Dasar CPNS.

” Latsar CPNS golongan III angkatan ke IV ini di ikuti sebanyak 35 orang dengan rincian guru 20 orang, tenaga kesehatan 12 orang dan tenaga tehnik 3 orang, kegiatan di mulai dari tanggal 28 oktober hingga 28 desember 2019 mendatang, dengan 511 jam mata pelajaran setara dengan 51 hari kerja,” Urainya.

Lebih lanjut, Sofyan mengatakan tujuan di gelarnya Latsar salah satunya untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara bertahap agar terwujudnya abdi negara yang dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

” Sebagai ASN tentu harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, dengan demikian saya harapkan CPNS ini mampu mengikuti kegiatan Latsar dengan sunguh-sunguh karna kegiatan ini merupakan untuk mengembangkan kompetensi kita sebagai abdi negara,” Paparnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Bungo Syafrudin Dwi Aprianto dalam arahanya memaparkan, Latsar adalah syarat mutlak bagi CPNS untuk menjadi ASN. Karna disini akan di tempa selama 51 hari untuk menciptakan Asn yang disiplin, berkarakter melayani serta mengayomi.

” Harus kita tanamkan nilai karakter melayani, karna sebentar lagi saudara akan masuk dalam dunia birokrasi beserta dinamikanya, saudara patut bersyukur terpilih dari ribuan peserta ikut latsar CPNS ini, karna untuk sampai ke titik ini begitu banyak proses dan melewati sejumlah tahapan,” Kata Wabup.

Memang, Wabup menjelaskan Latsar merupakan syarat mutlak bagi CPNS untuk menjadi PNS, dengan harapan bisa melahirkan Birokrat yang berkarakter, berkualitas dalam menghadapi dunia birokrasi kedepannya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

” Secara kusus saudara memasuki dunia birokrasi , untuk menghadapi dunia birokrasi yang baru tentu harus mempunyai bakat yang pertama adalah
Komitmen, Kapasitas, Komunikasi dan Kreativitas,” Jelasnya lagi

” Dimana harus merubah mindset kita, minsalmya kalo bisa di pemermudah kenapa di persulit kalau bisa di percepat kenapa harus di perlambat artinya apa kita harus optimal memberi pelayanan kepada masyarakat dengan karakter berdasarkan komitmen sebagai ASN,” Tutupnya. ( MNews)

sumber : https://makalamnews.com/berita-selengkapnya/syarat-mutlak-jadi-pns-wabup-apri-minta-cpns-serius-ikuti-latsar/

Reporter : Didik Pranata
Editor : Riana Kamesya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *